Cara Memasak Cumi agar Tidak Alot dan Bau Amis

Cara Memasak Cumi agar Tidak Alot dan Bau Amis

Cara Memasak Cumi agar Tidak Alot dan Bau Amis ( Blog Pesan Nasi Tumpeng )

Cumi-cumi terhitung makanan laut atau seafood yang benar-benar terkenal di Indonesia. Coba lihat di restoran-restoran atau warung, masakan yang dibuat dari cumi tentu banyak yang berminat. Nah, bicara mengenai Cumi-cumi, sebetulnya bagaimanakah cara memasak cumi supaya tidak alot serta amis?

Langkah membuat masakan cumi cukup gampang, tetapi kadang rasa-rasanya berlainan dengan restoran-restoran seafood. Kenapa dapat demikian? Ini biasa hanya sebab langkah memasak cumi yang tidak benar serta type cumi yang berlainan.

Untuk melahap makanan cumi, Anda tak perlu pergi ke restoran seafood. Sekarang banyak resep cumi serta langkah memasak cumi yang enak dan lezat.Tetapi, kadang waktu masak cumi di dalam rumah, baunya masih amis serta daging cumi tidak empuk atau alot. Lalu, bagaimana jalan keluarnya?

Cumi-cumi memiliki struktur yang kenyal, hingga diperlukan langkah masak yang benar agar dikonsumsi dengan nikmat. Jika dibuat begitu masak, cumi-cumi akan berasa alot. Tetapi, bila dibuat sesaat, aroma berbau amis cumi benar-benar menusuk.

Ini yang membuat ibu rumah-tangga kesusahan memproses makanan dari cumi-cumi. Mereka lebih baik masak ayam goreng dibanding harus menyajikan cumi-cumi. Nah, supaya bagian keluarga dapat nikmati olahan cumi-cumi yang tidak alot serta tidak amis, Anda bisa ikuti beberapa panduan tersebut.

1. Langkah Pilih Cumi-cumi yang Fresh serta Lezat

Untuk memperoleh masakan cumi yang lezat, Anda harus pilih cumi fresh di pasar. Tersebut beberapa ciri cumi yang fresh:

Warna kulit cumi putih kelabu dengan bintik-bintik warna kemerahan.

Mata cumi jika dapat yang jernih atau masih cukup jernih.

Kepala serta badan cumi masih menyatu ataukah tidak terpisah.

Waktu didesak dengan jari, daging cumi berasa kenyal serta masih keluarkan banyak tinta atau cairan itam.

Jangan pilih cumi yang warna kulit arinya telah beralih ungu tua. Ditambah lagi bila sisi tentakel telah berwarna kekuningan serta robek. Itu berarti cumi telah dekati kebusukan. Semestinya, cumi semacam ini jangan dibuat, ditambah lagi dikonsumsi.

Cumi fresh umumnya dibeli dari pasar atau supermarket. Jika ada cumi yang disimpan di kulkas dengan jumlahnya air yang banyak, semestinya butuh dicermati. Ditambah lagi jika cumi tidak bau serta tidak dihinggapi lalat, berarti cumi itu pernah di rendam di larutan pengawet.

Jika Anda sangat terpaksa beli cumi beku, karena itu pilih cumi yang warnanya belum beralih. Jangan pilih cumi dengan bercak-bercak hitam di tubuhnya atau yang butiran esnya kebanyakan.

2. Langkah Bersihkan Cumi yang Benar

Sebelum memasak cumi, Anda harus tahu langkah bersihkan cumi yang benar. Masalahnya jika Anda bersihkan cumi secara salah, malah akan membuat cumi jadi amis. Untuk bersihkan cumi lihat beberapa cara tersebut.

Pertama cabut kantung tinta yang melekat di badan sisi dalam cumi.

Ke-2 membersihkan semua tinta yang ada pada cumi dengan berhati-hati. Jangan pernah tinta hitam cumi bertebaran atau meluber ke dagingnya.

Selanjutnya pisahkan sisi tulang riskan di kulit sisi dalam cumi.

Kulit ari dikupas, khususnya kulit ari yang berwarna kemerahan atau ungu. Kupas kulit cumi dengan pisau jika inginkan cumi dengan penampilan putih cantik.

Step seterusnya bersihkan cumi yaitu membersihkan cumi dengan air mengalir

3. Langkah Hilangkan Berbau Amis pada Cumi

Berbau amis pada cumi tetap menyebalkan sebab walaupun rasa-rasanya enak, jika masih berbau amis nafsu makan jadi menyusut. Lebih berbau amis cumi telah dicuci dengan bersih, tetapi tidak hilang. Lalu jalan keluarnya bagaimana?

Nyatanya berbau amis pada cumi bisa di hilangkan dengan parutan jahe, air jeruk nipis, atau asam jawa. Jadi triknya, cumi diberi dengan jahe, air jeruk, atau asam jawa, selanjutnya diamkan sesaat.

Sesudah dinanti sesaat, Anda bisa membersihkan cumi dengan air yang mengalir. Ingat semestinya Anda tidak mendiamkan cumi yang telah dikasih bahan penghilang amis kelamaan. Ini sebab bahan penghilang amis justru bisa hilangkan aroma cumi yang sebetulnya.

Oh ya langkah lain untuk hilangkan berbau amis cumi yakni dengan merendamnya di di air bersatu susu tawar serta air perasan jeruk nipis. Umumnya proses perendaman cumi sepanjang 1/2 jam. Maksudnya tidak hanya hilangkan berbau amis, langkah berikut jadikan cumi lebih empuk serta tidak alot.

4. Langkah Menaruh Cumi yang Benar

Butuh Anda tahu jika cumi terhitung bahan makanan yang gampang busuk. Oleh karenanya, selekasnya taruh cumi di freezer sesudah usai dicuci. Penyimpanan cumi yang benar harus ada di wadah yang kedap udara. Oh ya, cumi bisa disimpan optimal sepanjang 2 hari.

5. Langkah Memangkas Cumi yang Benar

Langkah memasak cumi enak cukup hanya tahu bagaimanakah cara memotongnya. Bila potongan cumi telah benar, karena itu bisa diyakinkan cumi akan berasa nikmat untuk disantap. Ada banyak potongan cumi yang enak.

a. Potongan cumi bentuk cincin

Bentuk potongan cumi cincin bisa dibuat dengan mengiris badan sisi luarnya. Resep yang pas untuk cumi bentuk cincin salah satunya cumi masak mentega, isian sup kental, atau cumi goreng.

b. Potongan cumi utuh dikerat

Supaya cumi masak prima serta nikmat, karena itu Anda dapat memakai potongan cumi utuh dikerat. Jadi, sisi kulit cumi dikerat supaya dalamnya turut masak serta bumbunya meresap.

c. Cumi bentuk kerat kotak-kotak

Ada pula cumi bentuk kerat kotak-kotak yang dapat didapat dengan mengiris kulit cumi sampai jadi lembaran kotak. Kemudian cumi dikerat dari arah vertikal serta horizontal. Waktu mengeratnya jangan pernah ada sisi cumi yang robek. Umumnya cumi bentuk kotak dibikin untuk masakan salad.

6. Langkah Membuat Cumi Isi

Seterusnya langkah membuat cumi isi yang umumnya diberikan untuk makanan Padang. Triknya pisahkan kepala cumi dengan kulit luarnya, selanjutnya beri isian serta berikan tusuk gigi supaya didalamnya tidak berhamburan.

Isian cumi ini bergantung hasrat semasing. Yang penting, isian dimasukkan ke anggota badan cumi dengan waspada. Nah, sebab ukuran badan cumi cukup kecil, karena itu isiannya dikit saja serta janganlah lupa digembok dengan tusuk gigi supaya isiannya rapi.

7. Langkah Memasak Cumi supaya Tidak Alot serta Amis

Nyatanya masak cumi yang hasilnya alot sebab kelamaan dalam memasak. Oleh karenanya, langkah memasak cumi yang benar harus memerhatikan waktu. Jika dapat masak cumi jangan kelamaan atau begitu cepat.

Kenapa cumi dapat berasa alot? Ini sebab kandungan protein pada cumi yang banyak sekali. Lalu, bagaimanakah cara memasak cumi supaya tidak alot, empuk, serta tidak amis.

Seperti yang diterangkan awalnya, waktu memasak cumi harus pas supaya cumi dapat empuk serta tidak alot. Masak cumi paling baik dikerjakan sepanjang 3 menit dengan api yang besar. Umumnya jika cumi dibuat lebih dari 3 menit, karena itu dagingnya akan berasa alot.

Janganlah lupa, sesudah dibuat, Anda harus secepatnya masukkan daging cumi ke air dingin. Langkah berikut konon tuturnya bisa membuat daging cumi tidak alot serta empuk.

8. Langkah Memasak Sup Cumi

Bila Anda ingin memasak sup cumi, karena itu Anda bisa memasak cumi dengan terpisah dari bumbu-bumbu yang lain.

Pertama, Anda bisa menumis bumbu sup cumi sampai masak.

Ke-2, masukan air serta bahan yang lain, seperti sayuran.

Ke-3, masak sampai semua bumbu masak prima.

Ke empat, bila olahan sup telah mendidih atau 1-3 menit sebelum sup diangkat, masukan cumi ke rebusan sup.

Ke lima, nantikan sampai sup mendidih serta sup siap diangkat.

9. Langkah Memasak Tumis Cumi

Untuk masak cumi yang ditumis termasuk gampang. Anda harus menumis dahulu bumbunya sampai betul-betul masak, baru memasak beberapa potongan cumi. Tumis cumi sesaat memakai api besar sampai cumi tercampur rata dengan bumbu. Lalu tumis cumi selekasnya diangkat serta sediakan pada saat hangat.

Jika untuk kombinasi salad, semestinya cumi di rebus dengan api besar atau panas tinggi seputar 1 menit, selanjutnya di rendam air dingin.Memasak cumi dapat dikerjakan dalam tempo yang lama. Tetapi, butuh diingat jika api untuk memasak cumi harus kecil. Jika apinya kecil, Anda bisa masak cumi lebih dari 30 menit.

Masak cumi yang lama memang bisa membuat dagingnya empuk serta lunak, tetapi kelezatan cumi akan menyusut. Oleh karenanya, sebaiknya Anda memasak cumi dengan waktu sesaat.

10. Langkah Memasak Cumi Hitam

Cumi hitam benar-benar disukai warga sebab rasa-rasanya lezat walaupun tercampur dengan tinta hitam. Nah, untuk memasak cumi hitam, langkah yang butuh dikerjakan ialah membersihkan cumi dengan perlahan-lahan supaya kepalanya tidak terlepas.

Sisi kepala cumi tidak bisa lepas waktu dicuci sebab tintanya dapat lepas serta terbuang bersama dengan air yang mengalir.

Daging cumi hitam bisa diberi dengan jeruk nipis. Maksudnya supaya cumi hitam tidak amis. Pemakaian jeruk nipis bisa dikerjakan sesudah cumi dibikin bersih dengan air. Sesudah dikasih jeruk nipis, nantikan dahulu sepanjang 10 menit, lalu dibasuh air sampai bersih.

Sisi kepala cumi dipisah perlahan-lahan supaya tinta tidak pecah. Selanjutnya, sisi tulang belakang cumi dilepaskan perlahan-lahan, memiliki bentuk seperti dengan plastik mika.

Bumbu-bumbu cumi hitam ditumis sampai harum memakai margarin. Jika tidak ada margarin pakai minyak goreng biasa. Tetapi, dianjurkan masih memakai margarin sebab bisa keluarkan rasa gurih serta harum.

Sesudah cumi hitam ditumis dengan bumbu bawang merah, bawang putih, serta cabai hijau, imbuhkan daun jeruk dan lengkuas.

Kenapa cumi hitam harus dikasih daun jeruk serta lengkuas?

Fakta menambahkan daun jeruk supaya masakan cumi hitam memiliki aroma fresh. Sedang penambahan lengkuas maksudnya untuk menolong menimbulkan rasa pada bawang merah, bawang putih, serta cabai.

Pemakaian daun jeruk cukup lembar saja, sesaat lengkuas cukup 3 ruas jari. Janganlah lupa daun jeruk harus dirobek serta lengkuas harus dikupas dan dipotong jadi 3 sisi.

Selanjutnya masukan cumi serta aduk-aduk perlahan-lahan sampai tintanya keluar. Kemudian imbuhkan 150 ml air sampai kuahnya mengental. Oh ya, dianjurkan memakai air hangat supaya proses memasak bertambah cepat.

Proses memasak cumi hitam memang tidak bisa kelamaan sebab dapat menyebabkan alot. Karena, struktur cumi bisa menjadi karet yang alot untuk dikonsumsi bila dibuat dalam tempo yang lama.

Oleh karenanya, masak cumi sesaat saja dengan api yang besar, nantikan sampai mengembang serta kuah tinta mengental. Lalu, matikan api serta cumi hitam lezat siap diberikan.

Demikian langkah memasak cumi dari mulai pilih cumi yang fresh, menaruh cumi, membersihkan cumi, memangkas cumi, sampai memasak cumi supaya tidak alot serta amis. Proses memasak cumi perlu ketelatenan sebab struktur dagingnya berlainan dengan hewan laut yang lain. Cumi yang dibuat kelamaan, karena itu dagingnya dapat menjadi alot seperti karet.

Cara Memasak Cumi agar Tidak Alot dan Bau Amis
Kembali ke Atas