Web Analytics Made Easy - StatCounter

Sudah Tahu Beragam Bumbu yang Bikin Enak Acara Makanmu ? Yuk Cek Disini!

Sudah Tahu Beragam Bumbu yang Bikin Enak Acara Makanmu - Yuk Cek Disini

Ada banyak hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Salah satu yang memiliki pengaruh besar adalah makanan atau asupan sehari-hari. Kebiasaan sarapan memberi manfaat yang bagus, banyak minum air putih juga bagus untuk proses diet, makan banyak sayuran pun demikian. Tetapi ada juga satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah bagaimana cita rasa makanan tersebut. karena bagaimanapun juga, seseorang akan memilih makanan yang lezat yang ia sukai agar makin bisa menikmati makanannya. Terutama untuk para perempuan yang sering berkutat di dapur, yuk cek bumbu apa saja yang sebaiknya kamu gunakan untuk membuat menu lezat.

Mengingat Indonesia memiliki kekayaan rempah yang luar biasa tentu sangat menguntungkan kita untuk membuat menu lezat dengan bahan alami. Tetapi manakah yang sebaiknya kita gunakan? Berikut ini daftar bumbu yang bisa kamu olah menjadi masakan di waktu sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Bumbu Dapur Terbaik Bikin Lezat Masakan

1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bumbu dapur yang pertama dan pasti mudah kita temukan adalah bawang merah dan bawang putih. Dua rempah ini memang paling populer dan hampir digunakan sebagai bumbu dasar untuk berbagai masakan. Terutama dengan menggunakan bawang putih, kamu bisa menjadikan masakan terasa lebih sedap karena adanya bawang putih di dalamnya. Juga menjadikan masakan terasa gurih. Kedua bumbu ini memang digunakan karena aroma yang harus saat ditumis dengan minyak goreng.

Tidak hanya dimasak dengan kuliner lainnya, bawang merah dan bawang putih ini juga biasanya menjadi pelengkap hidangan. Caranya dengan ditaburi diatas masakan seperti soto, bubur ayam, nasi goreng dan masakan lainnya. Kamu bisa mengolahnya dengan menghaluskan dengan cara diulek atau digeprek begitu saja.

2. Bawang Bombay

Bawang bombay juga menjadi bumbu yang tak jauh berbeda dengan bawang merah dan bawang putih. Rempah lain yang termasuk dalam bumbu dapur wajib ini memang memberi rasa lezat. Ukuran dari bawang bombay memang lebih besar dan membulat jika dibandingkan dengan bawang merah ataupun bawang putih. Harumnya juga tak terlalu tajam tetapi tetaplah memberi rasa sedap. Selain ditumis, kamu bisa menyantap bawang bombay ini secara langsung dalam kondisi segar yang dijadikan campuran salad.

Jika selama ini kamu menemui menu onion ring, mereka menggoreng bawang bombay dengan balutan tepung. Sama halnya dengan bawang merah dan putih, bawang bombay pun memiliki dua varian yang berbeda dari segi warna. Seperti bawang bombay kuning dan bawang bombay merah.

3. Merica

Merica juga sering disebut sebagai lada. Bumbu dapur dengan cita rasa pedas dan sedikit pahit ini tentu memiliki peranannya sendiri dalam menjadikan masakan makin lezat. Merica atau lada sering menjadi bagian dari hidangan khas Indonesia seperti misalnya bumbu ayam goreng, sop dan berbagai hidangan lainnya. Bumbu dapur ini juga tersedia dalam bentuk bubuk yang digunakan sebagai pelengkap makanan. Lada bubuk ini bisa kamu taburkan ke berbagai masakan seperti mie, soto dan masakan lainnya. Terutama yang ingin menambahkan cita rasa pedas namun bukan berasal dari cabai.

4. Jahe

Tidak hanya terkenal sebagai bahan dasar memasak tetapi jahe juga diketahui sebagai obat-obatan. Kamu bisa menggunakannya sebagai minuman tradisional yang memiliki segudang manfaat. Bahkan, jahe juga menjadi rempah-rempah yang masih banyak digemari tiap orang. Wedang jahe misalnya yang memberi rasa hangat pada tubuh ketika musim dingin. Jahe juga memiliki cita rasa pedas dan digunakan untuk kuliner yang bersantan. Kamu bisa mencari resep bagaimana mengolah jahe dengan masakan.

Tak semua masakan bisa diberi rempah jahe. Jika sembarangan tentu cita rasa masakan akan terasa aneh. Maka dari itu sebaiknya benar-benar memperhatikan bagaimana campuran jahe ini akan menambah rasa lezat. Jahe sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dengan harga yang murah.

5. Kayu Manis

Tak asing dengan bumbu yang satu ini? Kayu manis memang diketahui sebagai salah satu bumbu yang serbaguna. Tak hanya untuk masakan tetapi juga untuk minuman tradisional pun kayu manis disukai. Kayu manis merupakan kulit kayu yang didapat dari beberapa jenis spesies pohon bernama Cinnamomum.

Tidak hanya memberi aroma manis tetapi bumbu dapur ini juga memberi rasa segar pada masakan. Selaian pada hidangan masakan, bahan dasar ini juga seringkali menjadi pelengkap untuk bahan membuat minuman dan kue. Kayu manis bisa kamu pilih untuk membuat minuman hangat selagi hujan turun.

6. Bunga Lawang

Tahukah kamu apa itu bunga lawang? Meski termasuk jenis bunga tetapi ternyata bisa kamu manfaatkan untuk memasak, lho! Kamu bisa menciptakan masakan yang lezat dengan bumbu dapur ini. Bunga lawang juga dikenal dengan nama pekak. Bahan dasar yang tidak hanya terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan nusantara tetapi juga di berbagai negara lainnya yang ada di Asia.

Tetapi, yang perlu diingat adalah cita rasa dari bumbu ini adalah pahit. Penggunaannya harus sesuai dengan takaran agar tidak merusak cita rasa asli dari masakan yang kamu buat. Carilah resep dan takaran yang pas agar masakan terasa lebih pas di lidah.

7. Cengkeh

Bumbu berikutnya yang bikin enak acara makan adalah cengkeh. Rempah asli Indonesia ini sangat populer akan khasiat dan aromanya. Cengkeh membuat masakan terasa lebih sedap dan beraroma harum. Banyak yang menyukai aromanya dan tak sedikit yang menggunakan ekstrak cengkeh sebagai tambahan dalam membuat parfum. Unik, bukan? Bumbu dapur ini sering digunakan untuk hidangan yang berkuah dan cukup populer digunakan pada hidangan India serta wilayah Timur Tengah.

8. Cabai

Mayoritas masyarakat Indonesia sangat menyukai cita rasa pedas. Tak heran jika sekarang ini banyak kuliner yang mengunggulkan rasa pedasnya. Agar bisa mendapatkan tingkat pedas yang paling tinggi, kamu bisa menggunakan cabai rawit dan cabai burung. Bisa juga menggunakan cabai keriting yang memberi rasa pedas tetapi tak setajam cabai rawit.

Cabai seolah menjadi bumbu dapur yang wajib harus ada. untuk cara pengolahannya sendiri memang beragam. Ada yang menggunakan cara diulek, tetapi ada juga yang memakannya begitu saja untuk disantap bersama gorengan. Cabai juga diolah menjadi sambal terasi, sambal matah dan lain sebagainya.

9. Santan

Santan merupakan bahan masakan yang tak asing lagi bagi banyak orang. Santan juga menjadi bahan yang sering digunakan di berbagai masakan nusantara dan menjadikannya sebagai ciri khas kuliner Indonesia. Tetapi sebenarnya, fungsi santan lebih dari itu. Santan dalam masakan bisa berfungsi sebagai pengental kuah, membuat masakan kaya rasa dan menyedapkan masakan. Kamu bisa merasakan bagaimana bedanya jika ada santan dan tidak di dalam olahan makanan tersebut.

Ada banyak bumbu yang berasal dari rempah asli Indonesia. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan dalam mengolah masakan. Apalagi resep kuliner khas Indonesia sangatlah beragam. Tapi ingat ya, bumbu dapur ini juga memiliki efek yang berkaitan dengan penyakit tertentu.

Sudah Tahu Beragam Bumbu yang Bikin Enak Acara Makanmu ? Yuk Cek Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas