8 Alasan Kenapa Kuliner Indonesia Disukai Turis Mancanegara

masakan nusantara

Terlepas dari segala polemik yang ada di Indonesia, selalu ada hal yang patut dibanggakan. Seperti kondisi alam yang memukau, kebhinekaan yang kita miliki hingga masalah kuliner yang mencuri perhatian dari turis asing. Indonesia dikaruniai rempah-rempah yang tak dimiliki negara lain bahkan konon hal ini yang juga membuat para penjajah dulu begitu jatuh cinta pada Indonesia, kekayaan alam yang melimpah ruah. Tak heran, ya kalau para wisatawan yang datang berlibur ke Indonesia juga begitu suka dengan kuliner yang kita miliki.

Apalagi tiap daerah memiliki kuliner yang khas dan rasanya pun lezat. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa kuliner kita mampu memikat perhatian dari para turis asing. Bahkan, menu-menu simple yang ada bisa kamu buat sendiri di rumah. Misalnya saja seperti sate, nasi goreng atau rendang.

Alasan Kenapa Kuliner Indonesia Terbaik

1. Kaya Cita Rasa

Seperti yang diketahui bahwa kuliner Indonesia ini memang kaya akan cita rasa. Mulai dari pedas, asam, manis dan rasa lainnya bisa kamu temukan di Indonesia. Misalnya saja seperti makanan manis yang identik dengan es buah segar atau minuman tradisional. Mereka bisa menemukan es angsle, es buto ijo dan lainnya. Kalau makanan pedas manis kamu bisa menemukan sate yang juga terdapat rasa gurih disana. Paduan kacang, kecap dan sedikit sambal seolah menjadi perpaduan sempurna disantap saat makam hari.

Salah satu alasan mengapa turis asing begitu menyukai kuliner Indonesia ini karena kaya akan cita rasa. Ada banyak kuliner yang rasanya bisa lebih dominan gurih, pedas atau berkuah santan seperti opor. Apalagi ketika hari-hari besar seperti lebaran, makanan dengan segala kelezatannya seolah mudah kita temukan.

2. Bumbu yang Asli

Kalau untuk urusan bumbu, sepertinya Indonesia tak diragukan lagi. Terutama karena rempah-rempah asli yang kita miliki begitu banyak dan bisa diolah dengan berbagai macam masakan. Bawang merah bawang putih yang akan membuat sedap masakan hingga jahe sekalipun yang umumnya dijadikan minuman tradisional juga bisa diolah sebagai bumbu masakan. Kaya akan bumbu asli juga menjadi alasan mengapa turis asing begitu jatuh cinta dengan masakan kita.

Bumbu yang asli adalah kunci dari masakan lezat. Selain rasa lebih mantap, bumbu yang diracik dengan benar tentu memberi manfaat bagus untuk kesehatan. Tidak butuh pengawet atau penyedap yang mengandung bahan-bahan kurang sehat. Kamu paling suka menggunakan bumbu apa?

3. Pengolahan Unik

Beberapa masakan di Indonesia juga diolah dengan cara yang unik. Bagi turis asing, melihat sate –daging yang dibakar—dan dibumbui tentu merupakan satu pengolahan unik. Apalagi pembuatan rendang yang membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Tetapi lamanya waktu tersebut menghasilkan masakan yang lezat. Tak heran kalau rendang menjadi makanan yang paling disukai oleh turis asing.

Beberapa kuliner yang memang diandalkan adalah rendang, sate, soto, nasi goreng dan gado-gado. Cara memasak dan mengolah masakan Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi sekarang ini juga sedang trend kuliner unik di berbagai daerah.

4. Berbumbu Kacang

Alasan lain mengapa turis asing begitu suka kuliner Indonesia adalah karena berbumbu kacang. Ini juga bisa menjadi alasan bahwa sate dan gado-gado masuk sebagai makanan paling disukai. Bumbu kacang yang diulek dengan sedikit tekstur kasar dan ditambah bawang goreng membuat rasa gurih benar-benar lezat. Bumbu kacang juga diketahui menjadi ciri khas dari masakan Indonesia.

Mereka juga lebih suka bumbu kacang yang diulek bukan diblender hingga halus. Misalnya saja seperti makanan pecel, karedok atau gado-gado. Dengan rasa gurih dan sedikit manis membuat menu tersebut cocok untuk menu sarapan atau makan siang.

5. Harga Terjangkau

Jika membandingkan harga di Indonesia dan luar negeri rasanya memang tak adil. Sebab daya belinya juga berbeda. Harga dari masakan Indonesia terbilang masih sangat terjangkau. Terutama dengan porsi yang dihidangkan juga cukup besar sehingga dengan harga yang terjangkau membuat para turis yang berkunjung ke Indonesia merasa puas.

Meski memang harga ini akan sama di tiap wilayah. Tetapi untuk kisarannya juga tidak akan jauh berbeda. Untuk satu porsi gado-gado jika kamu membelinya di warung, kisaran harganya 10 hingga 15 ribu rupiah saja. Makanan ini juga seolah disandingkan dengan salad sayur hanya saja menggunakan bumbu kacang.

6. Penuh Filosofi

Makanan yang ada di tiap daerah di Indonesia ternyata memiliki filosofi masing-masing. Tak banyak turis yang tahu bahwa apa yang mereka nikmati memiliki kisah unik dibaliknya. Seperti ketupat misalnya. Ketupat yang sering dihidangkan pada lebaran ini memiliki singkatan dari kata ngaku lepat atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah mengakui kesalahan.

Masih ada beberapa masakan lagi yang berfilosofi. Siapa yang menyangka bahwa kuliner Indonesia Rendang memiliki arti penting? Bahan-bahan utama rendang memiliki arti dalam. Daging sapi dilambangkan sebagai niniak mamak atau paman dan bundo kanduang atau ibu. Lambang ini akan memberi kemakmuran pada anak dan keponakan. Sementara bahan kelapa melambangkan kaum cerdik dan cabai melambangkan alim ulama yang tegas untuk mengajarkan agama.

7. Ragam Jenisnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa jenis dan ragam dari kuliner Indonesia ini memang begitu kaya. Masing-masing daerah seolah memberi daftar kuliner makin kaya. Di Surabaya, kamu bisa menikmati kuliner rujak cingur, pecel pincuk dan lain sebagainya. Beralih ke Lamongan ada kuliner khas yakni Soto Lamongan. Apalagi jika berkunjung ke daerah Sumatera, Kalimantan dan wilayah-wilayah lainnya.

Keragaman kuliner ini yang membuat turis asing makin jatuh cinta ini masih terjaga sampai sekarang. Kamu bisa menemukan makanan di berbagai tujuan wisata yang kamu kunjungi. Tidak hanya dari namanya saja yang berbeda atau unik tetapi cita rasanya juga beragam.

8. Resep yang Turun Temurun

Setiap masakan di daerah-daerah di Indonesia ternyata memiliki resep yang sudah turun temurun. Tidak sedikit restoran dan rumah makan sukses yang mengatakan bahwa kunci mengapa masakannya lezat adalah menggunakan resep nenek moyang yang dijaga itu. Apalagi melihat orang zaman dulu ketika memasak memang begitu alamiah. Tidak ada bahan pengawet dan semacamnya untuk membuat kuliner jadi lezat.

Dari resep inilah dikembangkan dengan baik dan memberi inovasi sesuai zaman sekarang. Tetapi tetap menjaga takaran, bahan-bahan yang tak bisa dikurangi untuk menjaga cita rasa yang lezat. Resep yang bahkan puluhan tahun lalu menjadi kunci kuliner lezat dari para pengusaha di Indonesia.

Indonesia terkenal akan kondisi alamnya yang bagaikan surga. Tetapi di sisi lain ada yang menarik perhatian yakni segi kuliner. Tak heran jika banyak turis asing yang memberi apresiasi tinggi terhadap masakan Indonesia. Mereka memuji cita rasa yang khas dan lezat bahkan rendang, sebagai salah satu masakan Indonesia menjadi masakan terlezat di dunia mengalahkan pizza. Kalau kamu, makanan khas apa yang kamu suka?

8 Alasan Kenapa Kuliner Indonesia Disukai Turis Mancanegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas