Web Analytics Made Easy - StatCounter

Ga Cuman Makanan, Yuk Simak Minuman Asli Indonesia Disini!

Ga Cuman Makanan, Yuk Simak Minuman Asli Indonesia Disini

Makanan dan minuman tradisional di Indonesia sudah begitu terkenal. Kamu bisa menemukan makanan di tiap daerah yang tergolong unik. Juga dengan minuman khas seperti wedang jahe, kunyit asam dan masih banyak lagi. Selama ini berbicara kuliner Indonesia pasti akan merujuk pada masakan di tiap daerah. Padahal, minuman asli Indonesia juga tak kalah enak untuk dibuat sendiri di rumah. Selain bahan-bahannya yang gampang kamu tentu menikmati minuman ini saat sore hari waktu bersantai di rumah.

Minuman asli Indonesia ini bisa berasal dari buah-buahan atau rempah asli yang kita miliki. Dengan pengolahan yang tepat, kamu akan mendapatkan minuman segar untuk menemani aktivitasmu sepanjang hari. Berikut ini beberapa rekomendasi minuman asli dari Indonesia yang bisa kamu coba.

Minuman Asli Indonesia Terpopuler

1. Wedang Jahe

Siapa yang tak tahu rempah yang satu ini? Jahe memang diketahui menjadi bahan yang seringkali digunakan. baik untuk makanan atau minuman tradisional sekalipun. Minuman asli Indonesia yakni wedang jahe ini membuat tubuh menjadi hangat. Apalagi jika kamu meminumnya saat musim hujan atau bahkan sebelum tidur. Ada rasa rileks saat amu meminum wedang jahe ini. Sebaiknya minum selagi hangat dan berikan sedikit gula agar terasa manis.

Wedang jahe diketahui memiliki efek yang bagus untuk sistem ketahanan tubuh. Bagi mereka yang juga ingin menjaga kemerduan suaranya, wedang jahe bisa dikonsumsi secara rutin. Rempah asli Indonesia ini tentu memiliki efek baik terhadap tubuh dan juga kesehatan kita.

2. Bajigur

Pernahkah kamu mendengar kata bajigur? Minuman tradisional khas masyarakat Sunda Jawa Barat ini memiliki bahan utama yakni gula aren dan santan. Agar bisa menambah kenikmatannya, kamu bisa mencampurkan sedikit jahe, garam dan juga bubuk vanili. Bahkan sekarang ini juga sudah ada yang dalam bentuk kemasan.

Untuk membuat minuman tradisional bajigur tidak membutuhkan waktu lama. Kamu bisa mencari resep sederhana dari bajigur ini dan seduh ketika sore hari. Kenikmatan bajigur sebagai minuman tradisional bisa kamu dapatkan. Bahkan minuman ini juga diketahui mendatangkan minat dari luar negeri terutama Malaysia.

3. Kunyit Asam

Masih menggunakan rempah-rempah Indonesia, minuman asli yang memiliki khasiat menakjubkan ini juga bisa kamu buat di rumah. Kunyit asam memang bercita rasa asam seperti namanya. Tetapi kamu bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman ini berbahan dasar kunyit, asam jawa, gula merah dan juga air tanpa pengawet atau pemanis buatan. Meski sekarang ada beberapa yang menjualnya dalam bentuk kemasan sachet, ada baiknya kamu membuat sendiri di rumah agar benar-benar higienis.

Kunyit asam bagus untuk melancarkan haid dan meredakan nyeri haid untuk wanita. Cara membuatnya pun juga cukup mudah. Kamu bisa mendapatkan kunyit dan asam serta gula merah ini dari pasar tradisional. Tertarik untuk membuatnya?

4. Bandrek

Bandrek merupakan minuman khas Sunda yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini cocok dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh dan seringkali dihidangkan pada saat cuaca dingin. Bahan dasar bandrek didominasi dengan jahe dan gula merah. Tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri agar bisa memperkuat efek hangat.

Bandrek juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke Jawa Barat. Sebab, minuman khas ini memang dijual di warung-warung yang harganya terjangkau. Bila perlu, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan.

5. Es Cendol

Beralih ke minuman yang menyegarkan yakni es cendol. Minuman asli Indonesia ini terbuat daari tepung beras dan disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa dari minuman ini manis dan gurih yang mana cocok dikonsumsi ketika siang hari saat kamu butuh kesegaran. Di daerah Sunda, minuman ini memang dikenal dengan nama Cendol tetapi di Jawa Tengah dikenal dengan nama Es Dawet.

Ada banyak kedai baik itu di Jawa Tengah ataupun Jawa Barat yang menjual es cendol dengan banyak pilihan rasa. Misalnya seperti nangka, durian dan lain sebagainya. Harga dari es ini juga terjangkau bahkan ada di kota besar seperti Jakarta. Terbayang bagaimana kesegarannya?

6. Sekoteng

Kali ini datang dari minuman asli Jawa Tengah yang berasa jahe ketika dihidangkan dalam kondisi panas. Namanya adalah Sekoteng yang mana ada bahan lain juga yang dicampurkan di dalamnya. Minuman sekoteng ini adalah kacang hijau, kacang tanah, potongan roti dan pacar cina. Biasanya dihidangkan pada malam hari dan memiliki harga yang terjangkau.

Tidak sulit menemukan minuman Sekoteng terutama di kota Bandung. Sebab, sekoteng ini dijual di warung-warung pinggir jalan. Untuk nongkrong malam hari akan terasa makin hangat jika disajikan sekoteng bersama orang tersayang.

7. Wedang Angsle

Minuman asli Jawa Timur yakni wedang angsle juga sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika kamu berkunjung ke Surabaya atau Pasuruan pasti tak akan sulit menemukan minuman hangat ini. Wedang angsle merupakan minuman dengan isi roti tawar, ketan kukus, kacang hijau dan putu mayang atau yang disebut dengan petulo. Bahan-bahan ini diberi kuah yang terbuat dari santan dan jahe.

Wedang angsle disajikan dengan kuah yang masih hangat atau panas sekalipun tetap nikmat. Apalagi jika menikmatinya pada saat turun hujan, wedang angsle bisa membuat tubuh terasa rileks. Harganya pun terjangkau sekitar lima ribu rupiah saja.

8. Sarabba

Masih datang dari minuman khas masing-masing daerah. Kali ini dari Makassar, Sulawesi Selatan yang memiliki nama minuman Sarabba. Minuman ini berbahan dasar jahe dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Tak hanya itu, Sarabba ini juga memiliki paduan rasa manis dan gurih yang berasal dari gula aren dan santan sehingga rasanya pun sangat pas.

Kamu bisa menikmati Sarabba ini dengan makanan seperti kacang rebus atau polo pendem. Banyak kebaikan atau manfaat dari Sarabba mengingat minuman khas ini terbuat dari rempah-rempah Indonesia. Cari bahan-bahan yang dibutuhkan dan buatlah sendiri di rumah, nikmati Sarabba pada sore hari.

9. Aia Kawa

Apakah kamu pernah mendengar nama Aia Kawa sebagai minuman khas Indonesia? Aia Kawa ini merupakan minuman tradisional yang unik. Berasal dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Daun kopi lokal pilihan yang mana dikeringkan dengan cara disangrai selama kurang lebih 12 jam. Ketika akan diminum, daun kering ini nanti dicampur menggunakan air dingin dan diseduh dengan air mendidih.

Minuman ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Cara pembuatannya cukup mudah yakni didihkan 150 ml air dan tuangkan ke dalam cangkir. Celupkan 1 hingga 2 kantong Kopi Kawa Daun ke dalam cangkir dan tambahkan gula sesuai selera. Diamkan kurang lebih 5 menit dan siap dihidangkan.

Tidak hanya makanan, Indonesia pun memiliki minuman khas yang juga terkenal. Mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Sumatera, masing-masing daerah ini memiliki minuman khas yang menambah daftar kuliner Indonesia. Kamu ingin mencoba yang mana?

Ga Cuman Makanan, Yuk Simak Minuman Asli Indonesia Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas