Cara Memasak Sayuran Agar Gizinya Tidak Hilang

Cara Memasak Sayuran Agar Gizinya Tidak Hilang

Cara Memasak Sayuran ( Blog Pesan Nasi Tumpeng )

Salah satunya langkah untuk nikmati sayuran dengan memasaknya terlebih dulu. Ya, memasak membuat sayuran jadi lebih enak untuk di nikmati. Meskipun, mungkin beberapa sayuran lebih enak disantap mentah-mentah atau jadi lalapan. Pemasakan sayuran memang memberikan faedah, tapi dibalik itu dapat bikin rugi.

Disebutkan bikin rugi sebab panas yang dibuat waktu memasak sayuran bisa hilangkan nutrisi yang terdapat dalam sayuran, khususnya vitamin serta mineralnya. Beberapa vitamin memang diketahui tidak tahan pada panas, seperti vitamin C serta vitamin B. Ke-2 vitamin ini terhitung ke vitamin larut air yang dapat larut bersama dengan air pada proses pemasakan.

Bagaimanakah cara memasak sayuran supaya nutrisinya tidak hilang? Ada beberapa langkah dalam memasak sayuran, dari mulai perebusan, pengukusan, sampai menumis sayuran dengan dikit minyak. Semasing cara memasak ini pasti mempunyai dampak yang berlainan pada sayuran.

Beberapa panduan memasak supaya nutrisi dalam sayuran tidak hilang, yakni:

1. Bersihkan sayuran dengan air mengalir, jangan di rendam

Sebelum memasak sayuran, Anda butuh mencucinya terlebih dulu. Membersihkan sayuran bermanfaat untuk hilangkan bakteri, kuman, atau pestisida yang melekat pada sayuran.

Bersihkan sayuran pada air mengalir serta jangan sampai berusaha untuk merendamnya. Merendam sayuran cuma akan membuat kandungan nutrisinya hilang, seperti vitamin C. Perlu untuk diketahui jika vitamin C benar-benar rawan pada panas, air, serta udara.

2. Potong sayuran berbentuk besar-besar

Untuk sayuran yang banyak terkandung vitamin larut air, seperti vitamin C, potonglah sayuran berbentuk besar atau Anda dapat juga memasaknya berbentuk yang utuh. Ini berperan supaya sedikit kandungan nutrisi yang hilang sepanjang proses pemasakan. Makin kecil potongan sayuran, makin banyak nutrisi yang bisa hilang waktu proses pemasakan.

Bila Anda ingin memperoleh potongan sayuran yang lebih kecil, Anda bisa memotongnya sesudah usai dibuat. Jadi contoh, Anda bisa merebus kentang utuh dengan kulitnya, kulit kentang memiliki kandungan nutrisi yang banyak hingga sayang untuk dibuang. Selanjutnya, sesudah usai di rebus, Anda bisa memangkas kentang jadi sisi yang lebih kecil supaya gampang untuk dikonsumsi.

3. Menjaga waktu, suhu, serta air waktu memasak

Saat memasak, semestinya Anda lihat waktu, suhu, dan jumlahnya air minimal yang dipakai untuk memasak. Waktu masak yang kelamaan, suhu yang begitu tinggi, serta jumlahnya cairan yang kebanyakan bisa membuat makin banyak nutrisi yang hilang pada sayuran.

Makin berkurang air yang digunakan untuk memasak, makin banyak nutrisi yang bisa dipertahankan, khususnya untuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin larut air.

Oleh karenanya, dianjurkan untuk memasak sayuran, khususnya yang memiliki kandungan vitamin larut air (seperti vitamin C serta vitamin B)- dengan dikukus, langkah berikut dapat dibuktikan terbaik. Beberapa riset tunjukkan jika brokoli yang dibuat dengan dikukus bisa menjaga kandungan vitamin C-nya sampai 80%, dibanding dibuat dengan cara lain.

4. Pilih cara memasak yang sesuai

Dengan memakai cara memasak yang pas, Anda bisa kurangi jumlahnya nutrisi yang hilang sebab proses pemasakan. Hingga, Anda masih memperoleh nutrisi maksimal dalam sayuran yang Anda makan.

a. Mengukus sayuran

Telah disebut di atas jika cara memasak dengan dikukus ialah cara memasak yang terbaik untuk sayuran, khususnya untuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin larut air. Sayuran yang semestinya dikukus ialah brokoli, wortel, kembang kol, kacang hijau, bayam, serta sayuran berdaun hijau yang lain.

Mengukus dapat dibuktikan bisa menjaga kandungan nutrisi dari sayuran semakin banyak dibanding cara memasak yang lain. Anda dapat memakai panci spesial mengukus atau microwave untuk mengukus sayuran.

b. Memanggang sayuran

Anda dapat memanggang sayuran dalam oven atau di atas kompor. Sayuran dikasih minyak terlebih dulu sebelum dipanggang. Pangganglah sayuran sampai beralih warna serta teksturnya jadi renyah. Memangkas sayuran lebih kecil bisa menyingkat waktu pemanggangan sampai sayuran beralih warna. Sayuran yang dapat dibuat dengan cara ini ialah asparagus, labu, buncis, kacang panjang, wortel, atau bawang bombay.

c. Menumis sayuran

Menumis dikerjakan dengan dikit minyak. Masakan Anda bisa menjadi lebih sehat jika Anda memakai minyak zaitun atau minyak kanola untuk memasaknya. Menumis bisa menjaga mineral dan vitamin, rasa serta warna sayuran. Menumis benar-benar pas untuk memasak sayuran, seperti asparagus, baby artichoke, kacang kapri, paprika, bawang, serta jamur.

d. Merebus sayuran

Ini mungkin cara yang seringkali Anda gunakan dalam memasak sayuran. Cara ini termasuk cepat dan mudah dikerjakan. Bila Anda ingin menjaga rasa serta kerenyahan sayuran, Anda dapat menanti air sampai mendidih baru masukan sayuran ke dalamnya. Anda dapat memakai cara ini untuk merebus kacang, kentang, bit, serta sayuran akar yang lain yang memerlukan waktu lebih lama untuk masak.

Anda dapat juga memakai cara blanching, yakni merebus sayuran dalam sekejap pada suhu air yang lebih rendah, sebelum air mendidih. Supaya Anda tidak kehilangan mineral dan vitamin yang larut di air sepanjang proses perebusan, Anda bisa konsumsi air rebusannya itu, sama dengan sup.

 

Cara Memasak Sayuran Agar Gizinya Tidak Hilang
Kembali ke Atas