Panduan Memasak Daging Kambing Supaya Empuk serta Tidak Berbau Prengus

Panduan Memasak Daging Kambing Supaya Empuk serta Tidak Berbau Prengus

 Memasak Daging Kambing Supaya Empuk – ( Blog Pesan Nasi Tumpeng )

Lemak pada daging kambing semestinya dikurangi.Pada hari raya Idul Adha, olahan serba daging kambing jadi menu yang harus diberikan sesudah melakukan beribadah salat.

Tetapi buat beberapa orang, memproses daging kambing adalah hal yang menyusahkan. Ditambah lagi, daging kambing sama dengan aroma kuat dan struktur dagingnya yang alot. Salah tehnik pengolahannya, cita rasa olahan daging kambing dapat jadi kurang enak.

Tetapi tidak butuh cemas, ada banyak tehnik serta trick tepat memproses daging kambing supaya bebas berbau prengus. Struktur dagingnya juga bisa saja empuk.

Yuk, ikutin lima panduan memproses daging kambing supaya bebas prengus serta lebih empuk:

1. Marinasi daging kambing dengan nanas

Nanas dipakai jadi obat anti peradangan. Melumuri potongan daging kambing dengan nanas parut sebelum diproses, dapat membuat teksturnya lebih lembut. Karena menurut celebrity chef, Yuda Bustara, kandungan pada nanas dapat melunakkan protein pada daging.

“Bromelin enzym dari nanas dapat menghaluskan protein hingga seringkali dipakai untuk melunakkan daging kambing,” katanya.

Triknya, potong-potong daging lalu lumuri dengan nanas parut sampai rata sepanjang 30 menit. Kemudian, rebus sesaat untuk bersihkan tersisa nanas, lalu masak kembali dagingnya sesuai dengan hasrat.

2. Bungkus daging dengan daun pepaya

Daun Pepaya-RM. Daun pepaya dapat juga jadi bahan pilihan supaya daging lebih empuk. Daun bercita rasa pahit ini punyai senyawa bernama papain, yang berperan merusak protein hingga struktur dagingnya melunak.

Sebelum dibuat, bungkus potongan daging kambing dengan daun pepaya lalu diamkan sepanjang 30 menit. Selanjutnya daging kambing langsung bisa diproses tanpa ada butuh dicuci kembali.

3. Jangan membersihkan daging kambing

Contoh Membersihkan Daging . Salah satunya langkah bersihkan daging ialah mencucinya sampai bersih. Tetapi semestinya jangan bersihkan daging kambing, sebab malah membuat aromanya makin menusuk serta jadi alot.Berdasarkan keterangan jebolan chef Master Chef Indonesia season 4, Denny Gumilang, daging kambing semestinya langsung dibuat tanpa ada butuh dicuci.

“Banyak yang menduga jika daging kambing harus dicuci sebab baunya prengus. Walau sebenarnya berbau itu dikarenakan oleh bakteri. Yang penting menjaga higienitas waktu memangkas daging kambing,” katanya pada kumparan.

4. Marinasi dengan rempah-rempah

Contoh Marinasi Daging. Rempah aromatik; seperti daun salam, lengkuas, jahe, serai, dan lain-lain berperan menyamarkan aroma prengus pada daging kambing. Sedang untuk melunakkan struktur dagingnya, kamu dapat pilih bumbu bercita rasa asam; seperti asam jawa atau belimbing wuluh.

Diluar itu, rempah dapat meningkatkan cita rasa daging kambing hingga lebih nikmat waktu disantap. Triknya, haluskan bumbu serta rempah lalu beri ke semua permukaan daging. Sesudah di rasa telah meresap, kamu langsung bisa memproses daging kambing sesuai dengan hasrat.

5. Mengiris daging dengan pas

Contoh Pria Memangkas Daging. Salah memangkas daging nyatanya dapat juga membuat teksturnya alot, lho. Waktu memangkas daging kambing, upayakan potong bersimpangan dengan seratnya. Karena memangkas daging ikuti seratnya, malah membuat daging susah untuk dikunyah.

Menurut pemilik warung Sate Kambing Sor Talok di Yogyakarta, Harto, penyimpanan daging pun tidak bisa dikumpulkan dengan dalamannya.

“Agar tidak berbau prengus, dalaman jangan didekatin sama daging. Jadi, tidak amis. Dalaman diambil dahulu jangan didekatin sama daging, dipisahin yang jauh. Lemak atau gajihnya itu jangan dideketin,” tuturnya.

Tidak butuh sangsi kan, memproses daging kambing untuk hidangan Idul Adha?

Panduan Memasak Daging Kambing Supaya Empuk serta Tidak Berbau Prengus
Kembali ke Atas