Sudah Tahu Apa itu Kuliner Asing? Yuk Simak Disini!

kuliner eropa dan amerika

Kuliner Indonesia seperti soto ayam Lamongan, pempek Palembang hingga kuliner khas lainnya memang sudah tak asing lagi terdengar. Masakan ini begitu khas dengan rasa rempah-rempah asli Indonesia yang kita miliki. Tetapi berbeda lagi dengan kuliner asing yang ada di sekitar kita. Apalagi banyaknya gerai makanan yang juga menyediakan kuliner asing serta mencuri perhatian banyak orang. Sebut saja seperti makanan cepat saji yang identik sebagai makanan khas luar negeri. Meski terasa lezat namun makanan ini tak baik dikonsumsi dalam jangka panjang. Itu sebabnya disebut dengan junk food. Mau tahu apa saja kuliner asing yang bisa kamu olah sendiri di rumah?

Urusan kuliner memang bisa kita olah sendiri sesuai dengan kesukaan cita rasa masing-masing orang. Sama seperti membuat rawon apakah rasa dagingnya akan begitu kental atau tidak, hal ini tergantung dari selera si pembuat. Begitu juga dengan kuliner asing yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan penggantian beberapa bahan agar terasa lebih lezat dan sesuai kesukaan.

Macam-Macam Kuliner Asing

1. Sushi dari Jepang

Siapa tak mengenal kuliner yang satu ini? Tak lagi asing mendengarnya karena memang sushi begitu populer. Masakan asal Jepang ini biasanya berupa nasi yang dihidangkan dengan lauk mentah dan terdiri dari makanan laut, daging dan juga sayuran. Kalau memang kamu tak menyukai makanan mentah maka kamu bisa memilih pilihan lauk yang sudah matang atau dimasak. Makanan ini memang khas dengan berbagai macam varian saus yang bisa dipilih. Dengan berbagai variasi ini akan membuat para pecinta kuliner tentu saja lebih mudah memilih masakan yang lezat.

Kelebihan dari masakan ini adalah nutrisi yang ada di dalamnya yang merupakan makanan laut atau sayur. Kondisinya masih begitu terjaga karena disajikan mentah dan hanya dilumuri menggunakan saus shoyu atau cuka. Bagi yang suka masakan Jepang, tak ada salahnya untuk mencoba Sushi karena selain nikmat, nutrisi di dalamnya juga masih terjaga dengan baik.

2. Kimchi

Ada banyak budaya Korea yang masuk ke Indonesia melalui K-popnya. Seperti masakan Kimchi yang diketahui sebagai masakan tradisional Korea dan sudah lama beredar di Indonesia dan bertambah populer. Ada rasa rempah yang khas, tidak membutuhkan waktu lama untuk Kimchi menjadi masakan populer juga di Indonesia. Kimchi ini adalah makanan hasil fermentasi yang diberi bumbu rempah pedas. Sementara sayuran yang sang umum dijadikan Kimchi adalah lobak atau sawi putih.

Namun, seiring berjalannya waktu ternyata banyak inovasi baru. Kimchi dilengkapi dengan berbagai varian sayuran yang difermentasi dan dicampur menggunakan berbagai bumbu rempah seperti bawang putih, jahe dan juga cabai. Untuk sekarang pun kamu tidak akan kesulitan menemukan Kimchi terutama di kota-kota besar.

3. Pizza

Kuliner asing berikutnya adalah Pizza. Makanan ini hampir disukai oleh tiap kalangan. Masakan khas Italia ini cukup populer di Indonesia bahkan memiliki banyak varian sesuai karena kreativitas para pengusaha makanan di Indonesia. Pizza menjadi makanan luar negeri yang populer dan terdiri dari roti bundar yang diatasnya ditaburi dengan berbagai macam sayur dan daging. Adonan juga dipanggang hingga matang dan bisa dinikmati bersama dengan banyak anggota keluarga.

Tetapi mengonsumsi pizza secara rutin dan terus menerus juga tak disarankan. Kamu bisa menikmati pizza di akhir pekan atau pada perayaan tertentu bersama orang-orang tersayang. Dengan begitu suasana bisa terasa lebih semarak. Biasanya minuman yang turut melengkapi hidangan pizza adalah soft drink.

4. Ramen

Mie Ramen ternyata berasal dari Tiongkok, bukan Jepang. Seiring berkembangnya waktu, ramen memang lebih terkenal di Jepang sehingga citra Jepang memang sangat khas pada makanan ini. Mie ramen terdiri dari mie yang dimasak menggunakan kaldu. Sementara mienya sendiri terbuat dari tepung terigu dengan gluten yang membuat mie terasa lebih kenyal.

Masakan ini juga terkenal karena cita rasa yang begitu pedas. Bahkan di restoran umum juga menyediakan level atau tingkat kepedasan tertentu sesuai dengan lidah konsumen. sebagai pelengkap juga sering ditambahkan berbagai macam sayuran atau telur agar membuat rasanya makin nikmat. Kamu bisa memberinya irisan daun bawang agar terasa gurih.

5. Kebab

Kebab ternyata bisa diartikan sebagai masakan yang berupa berbagai jenis daging dan dipanggang dengan ditusuk menyerupai sate. Tetapi kalau soal ukuran, kebab juga jauh lebih besar. Memang pada umumnya, daging yang biasa digunakan adalah daging domba dan daging sapi. Sebab kuliner ini berasal dari Turki. Tetapi sekarang kita juga bisa menemukan kebab yang berasal dari daging ayam.

Masakan yang berasal dari Turki ini populer di Indonesia cukup lama. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan masaka ini terutama di restoran-restomran timur tengah yang banyak ditemui. Tetapi sekarang pembuatan Kebab juga dirasa lebih bervariasi salah satunya adalah dengan menggiling daging dengan kasar dan diolah menggunakan bumbu rempah pilihan.

6. Capcai

Siapa yang menyangka bahwa capcai ini ternyata kuliner asing yang ada di sekitar kita? Capcai memang populer sebagai makanan yang cukup merakyat. Makanan ini sudah lama masuk ke Indonesia dan dibawa oleh seorang pedagang yang berasal dari Tiongkok di zaman perdagangan dulu. Capcai terdiri dari berbagai macam sayuran seperti sawi, wortel, kol, tomat ataupun brokoli.

Tak menutup kemungkinan bahwa sayur lainnya bisa kamu tambahkan sesuai dengan selera. Apalagi sebagai pelengkap biasanya masakan ini juga menyertakan daging atau telur agar bisa menambah cita rasa di dalam masakan. Berasal dari Tiongkok, capcai memiliki harga yang sangat terjangkau jika dijual di beberapa gerai makan.

7. Bulgogi

Masakan Bulgogi juga tak asing untuk kita dengar. Bahkan hampir di semua drama dan reality show Korea selalu menampilkan Bulgogi yang terlihat begitu enak. Biasanya, bulgogi ini menggunakan sirloin dan juga daging sapi pilihan. Bumbu yang digunakan adalah campuran gula, rempah dan juga kecap asin.

Bulgogi menjadi salah satu kuliner khas dari Korea yang membuat siapa saja yang melihatnya jadi ingin menikmatinya. Warna dari masakan ini adalah kecoklatan. Ditaburi daun bawang diatasnya juga terlihat lebih segar dengan cita rasa yang lezat.

8. Roti Canai

Kali ini bukan tentang masakan berat tetapi sebuah roti canai yang lezat. Roti ini berasal dari Malaysia. Tidak hanya dimakan ketika sarapan saja tetapi juga bisa disantap pada malam hari. Kamu bisa menikmati roti canai dengan isian telur atau selai kelapa yang manis. Bisa juga dengan adanya variasi saus kari. Perpaduan ini tentu membuat rasanya makin nagih dan disukai banyak orang.

Dari banyaknya kuliner asing yang ada di sekitar kita ini menunjukkan bagaimana kreativitas para koki dalam membuat resep terbaik. Kamu bisa menemukan pizza, capcai, roti canai, bulgogi, mie ramen dan masih banyak lagi. Manakah yang sering kamu konsumsi?

Sudah Tahu Apa itu Kuliner Asing? Yuk Simak Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas